salju

Selasa, 05 April 2011

KYAI KASAN BESARI TEGALSARI

Kyai Kasan Besari merupakan Ulama yang terkenal pada zamannya dan keharuman namanya masih semerbak hingga saat ini.

Beliau adalah Cucu penerus dari Kyai Mohammad Besari, yang juga telah terkenal namanya pada zamannya.

Silsilahnya adalah :

Kyai Kasan Besari putra dari Kyai Ilyas, Kyai Ilyas putra dari Kyai Moh. Besari Tegalsari.

Kyai Kasan Besari menikah 7 kali berputra 16 orang.

Istri ke-1 berputra :
1) Bagus Kasan Anom
2) K.Ilham, Setono.
3) Ny. Reksoniti, Surakarta

Istri Ke-2 berputra :
1) Imam Besari
2) Nada Besari

Istri Ke-3 berputra :
1) Ny. Kasanpuro, Gontor, Ponorogo

Istri ke-4 berputra :
1) K. Tirta Besari, Ngrukem , mlarak.

Istri ke-5 (putri solo) berputra 6.
1) RM. Martopuro, Wedono Maospati
2) R.Aj. Kasan Rifangi, Karanggebang.
3) R.Aj. Martoredjo, Coper
4) R.M. Adipati Tjokronegoro, Bupati Ponorogo.
5) R.M. Bawadi, meninggal saat masih kecil
6) R.Aj. Andawijah (Salamah)

Sumber : Sejarah Kyai Ageng Mohammad Besari , Dihimpun oleh Ky. R. Moh. Purnomo

42 komentar:

  1. assalamualaikum wr wb, mohon maaf sebelumnya, apakah ada salah satu keturunan dari kyai kasan besari yang hijrah ke sumatra ?
    nama orang tua dari yang hijrah ke sumatra pada tahun 1923 m tersebut moh dolah ikhsan
    terimakasih sebelumnya, mohon bantuan jawaban
    wassalam....
    kyai Bagan

    BalasHapus
  2. Mohon maaf hingga skrg kami belum dapat menemukan informasi yang pasti (valid) dari pertanyaan yang Sdra - i butuhkan.

    BalasHapus
  3. Mohon maaf. apakah ada hubungan antara kyai kasan besari dengan eyang kanjeng jimat pacitan.

    BalasHapus
  4. Assalamualaikum wr.wb,mohon maaf sebelumnya,apakah bpk.dapat menampilkan silsilah dari Kyai Ilyas..saya sangat menginginkan adanya ini karna cerita ayah saya nenek buyut saya adik dari Kyai Kasan Besari dan sebelumnya saya ucapkan banyak terimakasih..atas infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalaamu 'alaikum wr. wb. Mohon maaf, alhamdulilLaaH sy msh keturunan Kyai Ilyas, mempunyai anak bernama Kyai Hasan Besar, mempunyai anak bernama Nada Besari. Hasan Besari mempunyai istri 7. Istri kedua Hasan Besari mmelahirkan 2 anak, yaitu Imam Besari dan Nada Besari. Nada Besari punya anak namanya Nawiarsa Djakawitana atau Djakapitana. Lalu Nawiarsa Djakawitana kawin dengan Sini dari Jawa Tengah dan mempunyai anak2 bernama: Ardjana, Samini, Carminah dan Sawinah.

      Samini mempunyai anak: Sardiwan, Soemardjo, Warsinem, Sidin, Lareng dan Narsinem. Semuanya ada di Desa Karangturi, Sumbang Purbalingga. Saya adlah keturunan dari Sardiwan. Jd sy masih keturunan Khai Ilyas tsb. Demikian. Hub. Saya di WA 0812 8979 6907, yaaa ugk lebih detailnya

      Hapus
    2. Assalaamu 'alaikum wr. wb. Mohon maaf, alhamdulilLaaH sy msh keturunan Kyai Ilyas, mempunyai anak bernama Kyai Hasan Besar, mempunyai anak bernama Nada Besari. Hasan Besari mempunyai istri 7. Istri kedua Hasan Besari mmelahirkan 2 anak, yaitu Imam Besari dan Nada Besari. Nada Besari punya anak namanya Nawiarsa Djakawitana atau Djakapitana. Lalu Nawiarsa Djakawitana kawin dengan Sini dari Jawa Tengah dan mempunyai anak2 bernama: Ardjana, Samini, Carminah dan Sawinah.

      Samini mempunyai anak: Sardiwan, Soemardjo, Warsinem, Sidin, Lareng dan Narsinem. Semuanya ada di Desa Karangturi, Sumbang Purbalingga. Saya adlah keturunan dari Sardiwan. Jd sy masih keturunan Khai Ilyas tsb. Demikian. Hub. Saya di WA 0812 8979 6907, yaaa ugk lebih detailnya

      Hapus
  5. Imam Mbendol : Kyai Ilyas memiliki istri 3 :
    Istri I menurunkan :
    1. Kyai Kasan Yahya
    2. Kanjeng Kyai Kasan Besari II
    3. Kyai Suheb
    4. Kyai Nyai Askiram, Malo, Ponorogo
    5. Nyai Zainal Arif Tegalsari
    Istri II menurunkan :
    1. Kyai Mangat ( Zainal Abidin), Pengulu di Madiun
    2. Kyai Syihabuddin, Gentong, Jogorogo
    3. Nyai Mukibat Tegalsari
    4. Kyai Khatimul Kasan-Tangkep -Sawo
    5. Kyai Kitab ( Sastro Atmodjo), Patih Pacitan
    Istri III menurunkan :
    1. Nyai Imam Sibawaih ..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. referensi : Buku susunan Kyai Purnomo dan http://id.rodovid.org/wk/Orang:741872

      Hapus
    2. Saya belum tahu. Saat ini saya juga sedanb meneliti hal tsb. Saya, Eko Marwanto bin Sardiwan bin Samini bin Nawiarsa Djakawitana/Djakapitana bin Kyai Nada Besari/Naja Besari/Nedo Besari

      Hapus
    3. Mohon info
      apa benar
      Kanjeng Kyai Kasan Besari mempunyai putri yang bernama Raden Ayu Sanimah yang dinikahkan dengan Martoredjo putra dari kyai Iskak ?
      matur suwuun....

      Hapus
  6. Kami mengucapkan banyak terimakasih atas infonya namun waktu itu bpkku tdk menyebut Kyai Suheb tapi Saheb/Samed dan beliu (bpkku)juga cerita bahwa buyut dan kyai Kasan Besari selalu berdua tiap berkunjung ke rumah nenek dan desa yng ditinggali nenek juga diberi nama Tegalsari sayang sekali saat cerita itu belum secara detail aku dapatkan semua sudah tiada lagi dan nenek juga pernah cerita klo orang tuanya memberikan sebuah benda dan berwasyiat klo kelak ingin mencari keluarganya disuruh menujukan benda itu namun benda itu hilang ketika agresi belanda hanya ini mungkin yng dpt aku ceritakan dan aku menyampaikan banyak trrimakasih dan selalu aku tunggu kelanjutan infonya

    BalasHapus
  7. Iya, sy masih keturunan Kyai Hasan Besari dan keluarga besarnya ke atas yakni Sayyid Husayn bin Ali bin Abi Tholib. AlhamdulilLaaH

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://id.rodovid.org/wk/Orang:741871

      Kyai mohammad besari/kasan besari 1 menikah dengan keturunan Rasulullah.

      Kalau keatas nasab lelaki, maka kyai kasan besari keturunan brawijaya.

      Salam kenal pak, sy jg msh keturunan kiyai kasan besari dr jalur eyang karyodirjo

      Hapus
  8. Bisa juga Eyang Nawiarsa Djakawitana/Djakapitana adlah nama lain anak dari Kyai Nada Besari/Naja Besari, krn memang orang dulu itu punya nama banyak, ada nama resmi, nama kecil, nama besaf, nama da'wah, nama Kun-yaH, dll.


    BalasHapus
  9. Para Sedulurku, jika ada yang mengetahui sejarah dan perjuangan Eyang/Mbah saya, Kyai Konawi/Nawiarsa Djakawitana/Djakapitana & tentunya pula Eyang saya, Kyai Nada Besari/Naja Besari/Nedo Besar/Nadja Besari di Nusantara, terutama di pulau Jawa, mohon memghubungi saya di WA 0812 8979 6907 ot e-mail : marwanto.marwanto, yaaa, hal ini akan menjadi sangat bermanfaat dan berkah dalam rangka Shilaturrohim antar sesama keturunan/trah Eyang/Mbah kami tersebut yang notabene masih trah Kyai Anom Besari, Tegalsari, Jetis, Ponorogo yang jika ditelusuri masih Dzurriyat Nabi Muhammad 'SAW dari jalur Azhomat Khon (Sayyidinaa Husayn bin 'Ali bin Abi Tholib). Yaa, AlloH, kuatknlah ikatan/Shilaturrohim kami di dunia, kubur & di akhirat. Aamiin


    Eko Marwanto, S.H.I., M.H.
    Trah Kyai Anom Besari, Setu-Kab. Bekasi

    BalasHapus
  10. Lengkapnya http://id.rodovid.org/wk/Orang:741871

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalaamu 'alaikum.
      Menurut Sayyid Bahruddin Azhomat Khon dan Sayyid Shohib Faroj Azhomat Khon, Silsilah Nasab dari Sayyid Kyai Anom Besari bukan ke Raja Majapahit, namun ke Raden Fattah via jalur Syaikh Abdul Mursyad. Jadi catatan Belanda yanb dipakai oleh Anda dan lainnya adalah tidak tepat dan itu adalah makar Belanda utk mengecoj agar ada pemahaman dan image Sayyidah dapat menikah dengan non Sayyid atau non SYarif.

      Hapus
    2. assalamuaikum...mohon pencerahan,keturunan mbah khasan besari yg berada di kediri,khususnya yang di kec mojo kab kediri,saya kemaren dapat silsilah dr saudara, yg menunjukkan garis keturunan khasan besari,yaitu yg bernama mbah khasan iskhak bin sentot prawiro dirjo dgn istrinya nyai sorikoh[jawa]orang mojo ngomongnya gitu].,bin khasan besari.yg sekarang khasan iskhak dan nyai sorikoh di makam kan di dsn sekethi ds tambibendo kec mojo kab kediri...catatan:::Bani iskhak tiap tahun mengadakan reuni dan sowan ke ponorogo PERTANYAANYA..apakah betul yg saya uraikan tadi keturunan khasan besari,,..saya yg katanya mash keturunan bani iskhak.mohon pencerahanya silsilah mbah khasan iskhak.

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. info sejarah trah keturunan kiai kasan besari sebenar nya ada pada gontor satu dan ngabar, ingin tau yg lebih kunjungi facebook sang pemuja hawa ,brewirobumi projo ngamarto cengkar, konsul batin ,sumonggo sinau bareng

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalaamu 'alaikum, ya Sedulur Reza Rahadian, silahkan hubungi saya, Sayyid Eko Marwanto di WA 0812 8979 6907 atau kajoranbesari@gmail.com

      Hapus
  14. Asalamualaikum Saya Keturunan dari Kyai Kasan Besari/Kyai Pacalan kidul 3 yang eyang buyut saya dimakamkan di magetan.garis keturunan dari R. Purwodingrat dan Purwo Ngulomo
    adakah yang tau isteri2 dari Kyai Kasan Besari
    dan anak2 keturunannya. Terima kasih
    wass
    Nurce

    BalasHapus
  15. Ada yang tahu tentang mbah nur kalam?. Pak profesor tawbah. Saya orang purwokerto, ada nasab ke mbah nur kalam yang dimakamkan di Subang, Banyumas. Setahuku subang banyumas pak. Bukan purbalingga.

    BalasHapus
  16. istri ke 7 mana ko gaada ustad

    BalasHapus
  17. Ngapunten... Izin tanya... Apa ada yang tahu sejarahnya mbah kasan konawi tambak penyon?...

    BalasHapus
  18. Assalaamu'alaikum.
    Ngapunten... Izin tanya...
    Adakah yang mengetahui siapa saja keturunan (cucu/cicit) Kyai Muhammad Besari dari Kyai Ismail (putra/putri Kyai Ismail)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam..
      Mohon maaf.. apa yg d maksud kiai ismail sering d sebut kiai ismangil cucu dari kiai imam subaweh putra kiai ilyas? Kalau betul beliau (kiai ismangil), punya putra kiai kasan demin, punya putri nyai siti khadijah.. mohon koreksi kalau salah.. krn dr nyai siti khadijah lahir nenek buyut saya mbah jaikem..kemudian lahir kakek saya dardjo sukeni dan lahir bapak saya..

      Hapus
  19. Assalamualaikum, adakah putra atau cucu kyai kasan besari yg bernama Zainal Ali?? Karena dari cerita eyang buyut saya ky. Zainal Ali adalah keturunan Ky. Kasan besari, jadi saya mengira saya masih ada keturunan dari ky. Kasan besari

    BalasHapus
  20. Assalamu 'alaikum.
    Maaf mau menanyakan, kerutunan mbah khasan besari apakah ada yang di blitar? Masyarakat blitar memanggilnya dengan nama mbah singa tani.
    Terima kasih
    Wassalamu 'laikum

    BalasHapus
  21. assalamuaikum...mohon pencerahan,keturunan mbah khasan besari yg berada di kediri,khususnya yang di kec mojo kab kediri,saya kemaren dapat silsilah dr saudara, yg menunjukkan garis keturunan khasan besari,yaitu yg bernama mbah khasan iskhak bin sentot prawiro dirjo dgn istrinya nyai sorikoh[jawa]orang mojo ngomongnya gitu].,bin khasan besari.yg sekarang khasan iskhak dan nyai sorikoh di makam kan di dsn sekethi ds tambibendo kec mojo kab kediri...catatan:::Bani iskhak tiap tahun mengadakan reuni dan sowan ke ponorogo PERTANYAANYA..apakah betul yg saya uraikan tadi keturunan khasan besari,,..saya yg katanya mash keturunan bani iskhak.mohon pencerahanya silsilah mbah khasan iskhak.

    BalasHapus
  22. Assalamualaikum .. Cerita alm bapak saya Mansoer R bin Muh Khozin dari Tanjung Sari Jogorogo bapak adlh keturunan mbarep lanang mbarep lanang begitu seterus nya alm bapak sy keturunan yg ke 6 ... Bgmn sy bisa mencari silsilah nya terimakasih , wassalamualaikum wr wb

    BalasHapus
  23. Assalamu'alaikum. Saya mau menanyakan tentang sosok Kasan Rifangi kok tdk diceritakan dalam sejarah secara rinci.

    BalasHapus
  24. Assalamu'alaikum
    Mohon petunjuk, adakah yang mengetahui Keturunan (anak dan cucu) dari Kyai Nyai Askiram, Malo, Ponorogo ?

    dan Keturunan (anak dan cucu) Kyai Ahmad Kasan, Malo, Ponorogo ?

    Karena nenek buyut saya pernah cerita bahwa silsilah nya berada di daerah Malo, Mojorejo, Ponorogo

    Keluarga besar nenek buyut saya dari Godongan, Dagangan, Madiun

    BalasHapus
  25. Assalamualaikum admin , saya dapat buku nasab dari kakak saya kalau ternyata masih keturunan imam besari , tapi saya masih bingung apakah hal tersebut benar atau tidak , soalnya dituliskan imam besari disini dari banyumas dan memiliki putra namanya alimun hasan , dan saya dari jalur mbah alimun hasan tsb , terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah imam besari yang sebagai moyang saya ini sama dengan imam besari putra dari istri kedua ya min? terimakasih

      Hapus
  26. Assalamualaikum min apakah ada keturunan yang bertempat daerah Banyuwangi?

    BalasHapus
  27. assalamu'alaikum sedulur, perkenalkan nama saya alvian. mengenai trah mbah khasan besari anak mbah ilyas anak mbah moh. besari anak mbah anom besari ini, saya penasaran apakah masih ada hubungannya dengan kakek uyut saya juga? saya hanya ditunjukkan makamnya di daerah jawa timur(madiun) jika diurutkan dari makamnya r. sujiwo(pontianak) bin r. moh. yasin bin r. ngb. hardjobesari. kalo dari cerita bapak saya dulu ada hubungannya sama sinder gunung wilis sama patih di solo. mohon pencerahan bisa email ke alvianekawidodo@gmail.com
    suwun🙏

    BalasHapus
  28. siapa sajakah putra putri , hasil perkawinan antara Ra. Sanimah dengan Kyai Martoredjo ?

    BalasHapus
  29. Istri ke-5 (putri solo) berputra 6.
    1) RM. Martopuro, Wedono Maospati
    2) R.Aj. Kasan Rifangi, Karanggebang.
    3) R.Aj. Martoredjo, Coper
    4) R.M. Adipati Tjokronegoro, Bupati Ponorogo.
    5) R.M. Bawadi, meninggal saat masih kecil
    6) R.Aj. Andawijah (Salamah)
    Putri nomer 3
    3). R.Aj. Martoredjo, Coper
    yang dimaksud apa benar istri Kyai Martoredjo ?

    BalasHapus